NANAS

Nanas (Ananas comosus L.), menjadi salah satu icon dari buah negara tropis yang menjadi unggulan di Indonesia. Selain dapat dikonsumsi sebagai buah meja (dikonsumsi dalam bentuk segar), buah nanas juga dapat diolah menjadi berbagai macam produk yang memiliki nilai jual tinggi, seperti selai, sirup, makanan kaleng dan keripik. Potensi produksi nanas di Indonesia, baik sebagai komoditis lokal unggulan dan juga ekspor masih besar. Namun, produksi nanas yang sudah mencapai 1,73 ton di tahun 2015, belum bisa memenuhi permintaan pasar internasional. Hal ini disebabkan oleh permasalahan terkait kualitas buah lokal yang belum bisa sesuai dengan standar pasar internasional.

Peluang nanas sebagai komoditas unggulan lokal dan ekspor, perlu didukung dengan teknologi yang memadai. Secara geografis, iklim tropis di Indonesia membuat hampir seluruh wilayah di Indonesia sesuai dengan syarat tumbuh nanas. Namun hingga kini, perkembangan budidaya nanas masih memiliki berbagai permasalahan klasik, salash satunya minimnya penggunaan varietas unggul. Minimnya penggunaan bibit varietas unggul, menyebabkan kualitas buah nanas yang dihasilkan semakin menurun. Penggunaan bibit yang berasal dari anakan secar terus menerus, tidak mampu memberikan hasil yang serupa dengan sifat unggul yang dimiliki oleh induknya. Disisi lain, bibit yang berasal dari anakan memiliki potensi yang lebih besar untuk terserang penyakit seperti busuk pangkal, busuk akar dan fusariosis. Sehingga, teknologi kultur jaringan nanas sangat diperlukan untuk bisa menghasilkan bibit nanas varietas unggul yang dapat mempertahankan sifat unggul dari induknya, dan bebas penyakit karena diproduksi secara aspektik di dalam laboratorium.

URAIAN PRODUK

PT. DaFa Teknoagro Mandiri menjual berbagai jenis nanas hasil perbanyakan kultur jaringan, dalam bentuk :

Plantlet siap aklimatisasi

  • Plantlet berakar lepas botol
  • 1 botol isi 7 plantlet

Bibit pasca aklimatisasi

  • Tinggi 5 cm up sampai ujung daun

Bibit siap tanam

  • Tinggi 10 cm up sampai ujung daun
  • Bibit bersertifikat (label biru)

 Jenis yang diproduksi antara lain:
• Smooth Cayene
• Delica Subang
• Lokal unggulan (PK-1, Mahkota Bogor dll)
Kami juga melalyani jasa perbanyakan tanaman unggul (eksklusif), dengan tanaman induk berasal dari pengguna jasa. Bibit yang diperbanyak menggunakan jasa ekslusif, hanya untuk pengguna jasa atau dijual secara komersil sesuai dengan kesepakatan.

Dafataman